Minggu, 24 Oktober 2010

Perbedaan Antara Hub, Bridge, Switch, dan Router

Dalam terminologi jaringan ethernet, terdapat empat perangkat yang sering dianggap membingungkan karena secara sekilas sama. Kali ini kita akan mengetahui lebih jauh perbedaan-perbedaan antara keempat perangkat tersebut
  1. Hub

    Hub merupakan perangkat yang paling sederhana di anntara keempat perangkat. Hub menempati lapisan pertama, Physical Layer. Setiap paket data dari satu port dikirimkan ke dikirim ke semua port-port lain tanpa memerhatikan device mana yang dituju. Analoginya seperti mengirim pesan ke mailing-list, pesan dikirimkan ke semua anggota yang tergabung tanpa peduli apakah orang tersebut mau menerima ataupun tidak.

    Hub menimbulkan masalah karena kesederhanaannya, karena paket dikirimkan ke setiap komputer pada jaringan, proses ini menimbulkan transmisi sampah. Hal ini akan memacetkan jaringan.

  2. Bridge

    Bridge berada satu tingkat di atas hub. Tidak seperti hub, bridge terlebih dahulu memerhatikan siapa tujuannya. Jika alamat tujuan tidak ada di ujung lain, bridge tidak akan melakukan transmisi data. Seperti jembatan, bridge ini hanya memiliki satu port masuk dan satu port keluar.

  3. Switch

    Switch berada lebih tinggi di atas bridge. Pada dasarnya switch merupakan bridge dengan banyak port, paket data yang datang akan ditentukan komputer mana yang dijadikan sebagai tujuan. Oleh karena itum switch juga serinng disebut dengan multi-port bridge. Hal ini meningkatkan efisiensi pengiriman. Alhasil,kebanyakan jaringan menggunakan switch daripada hub untuk menghubungkan komputer dalam satu subnet yang sama.

  4. Router

    Router memiliki kesamaan dengan switch, router meneruskan paket berdasarkan alamat. Tetapi, selain menggunakan MAC Address yang digunakan oleh switch, router mampu menggunakan IP Address, sehingga, memungkinkan komunikasi jaringan lintas protokol-protokol yang berbeda.

    Penggunaan router yang umum adalah untuk membagi koneksi Internet broadband. Router memiliki IP Address publik yang dibagikan ke jaringan. Data yang tiba di router disampaikan ke komputer tujuan yang tepat.

    Sumber

    http://www.nutt.net/2004/11/20/difference-in-hub-switch-bridge-router/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar